Penyetaraan ijazah biasa dilakukan oleh seorang lulusan luar negeri.
Alasannya karena tidak semua ijazah atau sertifikat belajar dari luar bisa berlaku secara legal di Indonesia. Karenanya alur penyetaraan ini jadi hal yang wajib.
Kamu yang telah menempuh pendidikan di luar atau menerima gelar pendidikan dari luar bisa melakukan penyetaraan lewat lembaga tertentu.
Fungsi penyetaraan tentulah sangat beragam. Salah satunya agar kamu bisa dengan mudah menggunakan gelar untuk tujuan apapun.
Persyaratan Penyetaraan Ijazah

Dalam melakukan sesuatu, seseorang dituntut untuk memenuhi persyaratan terlebih dahulu.
Termasuk dalam proses Penyetaraan ijazah. Mengingat sifat penting yang dimiliki dokumen ini, ada beberapa persyaratan yang harus diajukan pada lembaga terkait.
Ini dilakukan untuk mengecek keabsahan kepemilikan gelar dan penyelarasan lainnya yang dibutuhkan lembaga khusus.
Jangan takut data akan bocor, karena terjamin keamanannya oleh lembaga negara.
Berikut ini adalah persyaratan dalam penyetaraan ijazah yang harus disiapkan yakni:
- Foto
- Paspor
- Surat keterangan dari KBRI
- Ijazah jenjang pendidikan menengah
- Ijazah atau sertifikat belajar
- Transkrip nilai
- Keterangan kurikulum sekolah asal
- Akta kelahiran
- Rapor dalam kurun waktu 3 tahun ke belakang
Semua dokumen ini nantinya bisa diajukan secara langsung maupun tidak langsung.
Bila cara yang ditempuh merupakan cara online, maka pengunggahan dokumen dibatasi dengan file berukuran maksimal 2 MB saja.
Baca Juga:
Alur Penyetaraan Ijazah
Setelah mempersiapkan dokumen yang harus diserahkan, nantinya kamu bisa langsung mengajukan penyetaraan lewat layanan online Kemendikbud.
Buka laman https://ijazahln.kemdikbud.go.id/ijazahln/ . Kasarnya terdapat 4 alur utama dalam Penyetaraan ijazah:
1. Memahami Proses Penyetaraan

Alur yang pertama dalam Penyetaraan ijazah, kamu akan disuguhkan pemahaman terkait proses penyetaraan.
Untuk proses yang lebih cepat kamu bisa langsung masuk ke tahap berikutnya. Untuk proses awal ini bisa dipahami jauh-jauh hari sebelum proses dimulai.
Tersebar file berbentuk PDF yang resmi dikeluarkan pihak permenang guna mempermudah pengguna web online.
Nantinya pemahaman mendalam akan membantu kamu dalam proses penyetaraan hingga proses selesai.
2. Melakukan Registrasi

Alur selanjutnya dalam Penyetaraan ijazah yakni melakukan registrasi.
Alur setelah pengajuan pendaftaran lewat web https://ijazahln.kemdikbud.go.id/ijazahln/, nantinya kamu akan diberi nomor registrasi.
Nomor ini nantinya bisa digunakan untuk masuk dan mendaftarkan diri untuk penyetaraan dokumen ijazah.
Proses ini dilakukan cukup singkat dan tidak bisa berulang. Maka disarankan untuk mengisi data dengan benar.
Salah mengisi data maka harus melakukan proses dari awal lagi dengan kemungkinan penolakan sistem.
3. Melengkapi Persyaratan yang Dibutuhkan

Bila sudah mendapatkan nomor registrasi maka kamu dapat mengubah password sesuai dengan privasi sendiri.
Password dan id registrasi ini bersifat pribadi dan tidak boleh disebarluaskan. Setelahnya lakukan alur lanjutan berupa melengkapi persyaratan sesuai dengan standar yang ada.
Persyaratan dokumen mulai dari foto, paspor, surat keterangan dari KBRI, dokumen kelulusan, transkrip nilai, akta kelahiran hingga rapor 3 tahun ke belakang harus dengan sigap disiapkan.
Ingat, batas maksimal uploading file hanyalah 2 MB.
4. Verifikasi Data

Kelengkapan data sudah dipenuhi, maka tahap selanjutnya dalam Penyetaraan ijazah, kamu hanya perlu menunggu verifikasi data tersebut.
Menurut web Kemendikbud verifikasi data bisa dilakukan paling cepat 2 hari kerja dan paling lambat 7 hari kerja, bergantung pada kinerja dan kepadatan permintaan penyetaraan dari luar.
Selama verifikasi data ini kamu tidak perlu melakukan apapun. Bila ada data yang belum sesuai, ada baiknya kamu langsung menggantinya dengan dokumen yang sesuai.
Teliti sebelum mengganti data, biasanya data yang salah akan diberi keterangan lanjut.
5. Pengambilan Surat Keputusan

Terakhir, bila verifikasi data telah selesai dan semua data telah sesuai, tahap akhir dari alur penyetaraan ini yakni pengambilan SK.
SK di sini bukanlah surat kuasa melainkan surat keputusan.
Ada baiknya kamu langsung mengambil surat keputusan ini secara pribadi.
Bilapun tidak bisa mengambilnya secara pribadi, kamu bisa mengambilnya dengan cara diwakilkan menggunakan syarat penyertaan surat kuasa yang langsung ditandatangani oleh pemegang surat putusan.
Kesimpulan
Penyetaraan ijazah memiliki alur untuk melakukan yang sederhana.
Untuk kamu yang masih bingung, bisa langsung mengunjungi web resmi dan menanyakannya langsung melalui call center.
Jangan lupa untuk mempersiapkan segala dokumen sebelum proses dimulai.
[su_spoiler title=”Daftar Pustaka” style=”fancy” icon=”chevron-circle”]
- https://ijazahln.kemdikbud.go.id/ijazahln/
- https://nasional.kontan.co.id/news/ini-prosedur-terbaru-penyetaraan-ijazah-luar-negeri-perlu-diperhatikan[/su_spoiler]