Penjelasan Tentang Laporan Praktikum 5/5 (1)

Tentang laporan praktikum memang sudah tidak asing lagi bagi siswa dan mahasiswa, nah itulah hasil dari pecobaan praktikum yang dilakukan.

Kadang, banyak siswa maupun mahasiswa yang sering kali memiliki kendala saat membuat laporan itu. Tujuannya memang untuk menjelaskan suatu percobaan.

Didalamnya banyak bagian yang penting seperti hipotesis, daftar alat dan bahan, serta data mentah dari percobaan yang disusun.

Dengan adanya laporan tersebut pasti memiliki tujuan tersendiri. Penjelasan tentang laporan praktikum ? Tenang, berikut penjelasannya. Mari simak!

Apa Itu Laporan Praktikum? Nih, Penjelasan Tentang Laporan Praktikum

Penjelasan Tentang Laporan Praktikum Lengkap
Penjelasan Tentang Laporan Praktikum Lengkap

Bagi setiap siswa maupun mahasiswa, khususnya yang berasal dari ilmu-ilmu eksakta memang sudah tidak asing lagi dengan namanya laporan praktikum.

Setiap penulisan laporan praktikum akan menguraikan tujuan dan sasaran siswa sekaligus menjelaskan alasan di balik praktikum dengan prosedur menjelaskan ya.

Selain itu, bisa dikatakan bagian dari pengajaran yang bertujuan agar siswa/mahasiswa memperoleh kesempatan untuk menguji dan melaksanakan dalam keadaan nyata.

Nah, laporan praktikum merupkan bentuk menjelaskan tentang apa yang dilakukan individu selama pengalaman praktis dan hasil dari pengalaman dilakukan.

Kepenulisan laporan ini sejatinya digunakan untuk menjelaskan dan struktur teks laporan percobaan yang dilakukan dengan teknik analisis data dan ini penjelasan dari beberapa ahli:

Penjelasan Laporan Praktikum Menurut Para Ahli

Praktikum memang menjadi serangkaian proses pembelajaran kepada peserta didik dari tenaga pendidikan, terutama dalam mengamati obyek.

Selain menganalisis, mereka juga akan membuktikan dan membuat kesimpulan atau laporan dari hasil pengamatan yang telah dilakukan sebelumnya.

Laporan percobaan akan berupa tulisan, baik ditulis tangan ataupun menggunakan mesin ketik. Ada beberapa definisi dari praktikum menurut para ahli, yaitu:

Lunetta

Menurut Lunetta, Praktikum adalah pengalaman belajar dimana siswa berinteraksi dengan materi atau dengan sumber data sekunder untuk mengamati dan memahami dunia alam.

Ekabahasa

Dari para ahli kali ini, pengertian dari praktikum merupakan salah satu cara mengajar dengan tujuan agar peserta didik bisa mendapatkan kesempatan untuk menguji.

Soekarno

Menurut Soekarno, untuk metode praktikum adalah suatu cara mengajar yang memberi kesempatan kepada siswa untuk menemukan suatu fakta atau membuktikan fakta yang penting untuk diketahui.

Djamarah dan Zain

Penjelasan dari praktikum menurut Djamarah dan Zain, sebagai proses pembelajaran tenanga pendidik kepada peserta didikj untuk dapat melakukan percobaab dan mengalaminya sendiri tentang materi yang dipelajari.

Winataputra

Selain itu, menurut Winataputra dari pengertian praktikum adalah cara penyajian yang disusun oleh peserta didik secara aktif agar dapat mengalami dan membuktikan sendiri tentang apa yang telah dipelajari.

Isi Laporan Prkatikum? Inilah Isi yang Sesuai dengan Susunannya

Didalam sebuah laporan memang akan memiliki isi dengan format yang berbeda-beda, namun secara umum akan memiliki fomat yang menjadi dasar dalam penulisan loh.

Dengan begitu, inilah ada beberapa isi yang sesuai dengan susunannya dalam penulisan tersebut ialah :

Judul Laporan

Saat menulis laporan, tentukan terlebih dulu laporan yang akan ditulis pada bagian awal atau lembaran pertama lebih tepatnya dibagian atas halaman.

Selain itu, jangan lupa untuk meletakan cover dibawahnya dan berikan juga nama sekolah dan tahun ajaran khususnya dibawah cover ya.

Tujuan Praktikum

Dibuatnya praktikum pastinya memiliki tujuan tersendiri dan didalam satu kelompok atau kelas biasanya akan sama. Selagi masih meneliti atau menguji sesuatu yang sama.

Contohnya, ketika satu kelas akan meneliti kandungan glukosa tertinggi ditemukan pada buah nanas. Dengan begitu, satu kelas akan memiliki tujuan yang sama untuk praktikum tersebut.

Landasan Teori (Latar Belakang)

Laporan memang harus berisi landasan teori atau biasa disebut dengan latar belakang. Bagian ini akan digunakan sebagai pendahuluan dalam penulisan laporan.

Isi didalamnya mulai dari pengertian, terutama pengertian menurut para ahli dengan berbagai macam dan jenisnya. Tapi jika dalam praktikum ada pengujinya, maka tulislah tentangnya.

Alat dan Bahan

Pada bagian alat dan bahan tulislah apa yang digunakan dalam praktikum tersebut yang sudah dilakukan. Penulisannya bisa disatukan dalam satu poin.

Namun, bisa juga dipisah dengan ketentuan yang digunakan. Akan tetapi, biasanya disatukan dalam satu poin agar menjadi poin a.) alat dan poin b.) bahan.

Prosedur Kerja (Cara Pembuatan)

Setelah memasukan bagian alat dan bahan, lalu kamu bisa menulisa cara pembuatan atau biasa disebut dengan prosedur kerja dalam pengujian atau percobaan tersebut.

Dalam cara pembuatan bisa diawali dengan “Siapkan alat dan bahan”, karena didalam praktikum keduanya memang harus ada.

Tahap inilah yang akan membantu mahasiswa khususnya, agar bagaimana menerapkan pengetahuan dan prinsip-prinsip umum kedalam situasi nyata.

Hasil Pengamatan

Isi yang sesuai dengan susunan laporan praktikum selanjutnya adalah hasil pengamatan, amati apa yang terjadi pada praktikum tersebut untuk dimasukkan kedalam sebuah laporan.

Hasil yang didapat perlu dicatat sebagai bentuk data penelitian dan data-data itu bisa dimasukkan kedalam tabel, sebelum menyertakan pembahasan untuk menjelaskan hasil tersebut.

Pembahasan

Pada part ini akan berisi penjelasan terkait dari semua percobaan yang sudah dilakukan. Dengan begitu, kamu hanya perlu membahasnya satu per satu.

Pembahasnnya memang mulai dari hasil pengamatan yang sudah dilakukan, kesesuaian data yang diperoleh dengan landasan teori dan kesalahan yang terjadi selama percobaan.

Dibagian ini untuk data-data penelitian akan dibahas dengan rinci. Pembahasan biasanya dilakukan dengan menguraikan data-data, lalu dibahas dengan menggunakan literature yang ada.

Kesimpulan

Bagian ini akan berisi apa yang telah dilakukan dalam praktikum akan disimpulkan. Pembuatannya, memiliki tujuan agar mempermudah memahaminya secara ringkas.

Kesimpulan merupakan pernyataan yang dianggap sebagi proposisi pada kalimat yang disampaikan, karena diambil dari beberapa pernyataan atas ide pemikiran dengan beberapa aturan.

Beberapa orang telah berpendapat, bahwa kesimpulan adalah salah satu komponen terpenting dari setiap makalah atau laporan penelitian. Atau, untuk mempermudah memahaminya secara ringkas.

Cukup penting dan harus ada, karena bagian ini akan berisi tentang apa yang diperoleh dalam percobaan yang sudah dilakukan. Umumnya, bagian ini menjawab tujuan percobaan tersebut.

Daftar Pustaka

Pengertian dari daftar pustaka adalah sumber yang dirujuk untuk menulis makalah akademis, selain itu bagian ini menjadi salah satu teknik notasi ilmiah yang berasal dari sumber bacaan atau sumber referensi.

Dibagian landasan teori dan pembahasan memang akan membutuhkan sumber lain sebagai referensi pastinya. Selain itu, untuk memperkuat isi laporan dan inilah contohnya :

  • Aldrich, R. J. 1984. Weed Crop Ecology Principles in Weed Management. Wadsworth, Inc., Belmont. California USA. p : 92-126 ; 210-244.
  • Bradbeer,J.W.1989.Seed Dormancy and Germination. Chapman & Hall, NewYork. 146p.
  • Justice, O.L dan L.N. Bass., 1990. Prinsipdan Praktek Penyimpanan Benih. Rajawali Press. Jakarta.

Akhir Kata!

Itulah penjelasan tentang laporan praktikum yang sudah kami jelaskan, sekaligus isi yang sesuai dengan susunannya agar dapat membuatnya dengan tepat dan benar.

Nilai Kualitas Artikel

Leave a Comment