Contoh Surat Permohonan Pembayaran

Surat permohonan pembayaran adalah surat resmi yang dikirimkan untuk mendapat pembayaran atas suatu transaksi.

Beberapa contoh surat permohonan pembayaran ditulis oleh suatu pihak kepada pihak lainnya untuk mendapat dana atas pengadaan alat, pemberian jasa, ataupun pembayaran hutang piutang.

Surat permohonan pembayaran terdiri dari tiga bagian utama meliputi bagian pembukaan, isi surat dan penutup. Bagian pembukaan surat meliputi kop surat dan juga salam pembuka.

Pada kop surat terdapat logo perusahaan dan nama perusahaan pengirim beserta alamatnya. 

Pada bagian isi surat, pengirim menerangkan jumlah tagihan yang harus dibayarkan oleh penerima surat akibat transaksi yang belum selesai.

Sebaiknya berikan rincian mengenai hal-hal apa saja yang harus dibayar. Hal ini untuk mencegah terjadinya miskomunikasi antara kedua belah pihak yang bertransaksi.

3 Contoh Surat Permohonan Pembayaran Resmi

Berikut contohnya yang dapat kamu jadikan referensi.

1. Contoh Surat Permohonan Pembayaran Biaya Pengadaan Alat

[su_note note_color=”#f9eed8″ text_color=”#000000″]

PENYEDIA ALAT TULIS DAN KANTOR TERLENGKAP DI KOTA SUKABUMI CV BUKU MERAH SENTOSA
SOLUSI ALAT TULIS DAN KANTOR TERBAIK
Alamat: Jalan Danau Balok No. 1 F RT. 112 RW 4, Desa Cileungsi, Kota Sukabumi Telp: (0578) 427382, Fax: (0578) 427382
Website: https://www.cvbukumerahsentosa.com

Sukabumi, 4 Maret 2019

Nomor : 14/TAGIHAN/BMS/IV/2019
Sifat : Penting
Lampiran : 3 (Tiga) Lembar
Perihal : Permohonan Pelunasan Pembayaran Biaya Pengadaan Alat

Kepada Yth.
Bapak Kepala SMA Negeri 13 Sukabumi
Bendahara SMA NEGERI 13 Sukabumi
Jalan Profesor Wahidin No. 33 Sukabumi
di –
Tempat

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Asep Gustarman
Jabatan : Kepala Pemasaran CV Buku Merah Sentosa
Alamat Instansi : Jalan Danau Balok No. 1 F RT. 112 RW 4, Desa Cileungsi, Sukabumi
Telepon : 089723791301

Sehubungan dengan telah dilaksanakannya kewajiban CV Buku Merah Sentosa dalam Pekerjaan Pengadaan Peralatan Alat Tulis dan Kantor untuk SMA Negeri 13 Sukabumi pada tanggal 15 Februari 2019 sampai dengan tanggal 18 Februari 2019, maka melalui surat ini saya atas nama CV Buku Merah Sentosa mengajukan permohonan pelunasan pembayaran sejumlah barang yang tersebut di bawah ini:

NoKeteranganJumlahHarga per SatuanBiaya
1.Buku Tulis Besar50 buahRp8.000Rp400.000 
2.Pulpen50 kotakRp15.000Rp750.000
3. Spidol50 buahRp5000Rp250.000
4Isi Tinta50 botolRp11.000Rp550.000
5. Penghapus25 buahRp10.000Rp250.000
TOTALRp2.200.000
PPn 10%Rp220.000
JumlahRp2.420.000

Terbilang: (Dua juta empat ratus dua puluh ribu Rupiah)

Untuk itu kami mohon kepada pihak SMA Negeri 13 Sukabumi untuk dapat melakukan pelunasan pembayaran sejumlah uang yang disebutkan di atas melalui Bank Transfer ke rekening berikut:

Atas Nama : CV Buku Merah Sentosa
No. Rekening : 006 912791 15
Bank : BNI
Cabang : KCP Gedung Ayatsir Sukabumi

Bersamaan dengan surat ini kami juga turut melampirkan dokumen yang dibutuhkan untuk membantu kelancaran proses pembayaran berupa:

1. Kuitansi Pembayaran
2. Invoice Penagihan
3. Faktur Pajak

Demikian surat Permohonan Pembayaran kepada SMA Negeri 13 Sukabumi ini kami sampaikan agar menjadi perhatian pihak yang berwenang. Atas perhatian dan kerja sama SMA Negeri 13 Sukabumi kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Kepala Pemasaran CV Buku Merah Sentosa

Asep Gustarman[/su_note]

2. Contoh Surat Permohonan Pembayaran Pengadaan Jasa

[su_note note_color=”#d8eff9″ text_color=”#000000″]

CV KONVEKSI SINAR MENTARI
KONVEKSI DAN PENJAHIT TERPERCAYA MASYARAKAT
Alamat: Jalan Veteran Raya No. 119 Blok G RT. 15 RW 3, Kelurahan Rumah Panjang, Kota Padang 
Telp: (0531) 822421, Fax: (0531) 822421
Website: https://www.konveksisinarmentari.com

Kupang, 2 Februari 2019

Nomor : KONV 009/TAG.01/II/2019
Lampiran : 1 (Satu) Lembar
Perihal : Permohonan Pelunasan Pembayaran Jasa Jahit

Kepada Yth.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
tembusan Bendahara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang 
di –
Tempat

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Magdalena Mucianata
Jabatan : Kepala Penanggung Jawab CV Konveksi Sinar Mentari
Alamat : Jalan Veteran Raya No. 119 Blok G RT. 15 RW 3, Kelurahan Rumah Panjang,  Kota Padang
Telepon : 089591379100

Sehubungan dengan telah dilaksanakannya Proyek Pembuatan Baju Seragam Pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang pada tanggal 13 Oktober sampai 13 November 2018, maka melalui surat ini saya selaku Kepala Penanggung Jawab CV Konveksi Sinar Mentari mengajukan permohonan pelunasan pembayaran atas jasa yang diberikan dengan rincian di bawah ini:

Nilai Keseluruhan Proyek : Rp23.871.100
Uang Muka : Rp10.500.000
Sisa Uang yang Belum Dibayar : Rp13.371.100
Terbilang : Tiga belas juta tiga ratus tujuh puluh satu ribu seratus Rupiah

Untuk itu kami mohon kepada pejabat terkait Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang yang menangani proyek pembuatan baju seragam untuk dapat segera melakukan pelunasan pembayaran sisa uang yang belum dibayar dengan jumlah yang disebutkan di atas melalui Bank Transfer ke rekening berikut:

Atas Nama : CV Konveksi Sinar Mentari
No. Rekening : 018 819291 14
Bank : Bank Rakyat Indonesia (BRI)
Cabang : KCP Gedung Universitas Negeri Padang

Bersamaan dengan surat ini kami juga melampirkan beberapa dokumen terkait Proyek Pembuatan Baju Seragam Pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang sebagai berikut:

1. Invoice Penagihan 
2. Kuitansi Pembayaran Uang Muka

Demikian surat Permohonan Pembayaran ini kami sampaikan agar menjadi perhatian. Atas perhatian dan kerja samanya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Kepala Penanggung Jawab CV Konveksi Sinar Mentari 

Magdalena Mucianata[/su_note]

3. Contoh Surat Permohonan Pembayaran Sisa Uang Muka

[su_note note_color=”#f9efd8″ text_color=”#000000″]

CV JASA KONTRAKTOR ALAM BUANA
KONTRAKTOR TERPERCAYA DAN BERPENGALAMAN
Alamat: Jalan Danau Batur No. 22 Blok H RT. 1 RW 3, Kelurahan Namosain, Kota Kupang Telp: (0589) 298124, Fax: (0589) 298121
Website: https://www.cvjasakontraktoralambuana.com

Kupang, 2 Februari 2019

Nomor : CV 004/PK.98/IV/2019/TAG
Lampiran : 2 (Dua) Lembar
Perihal : Permohonan Pelunasan Pembayaran Sisa Uang Muka

Kepada Yth.
Bapak Kepala Proyek Pembangunan Gedung SMA Negeri 3 Kupang tembusan Bendahara Proyek Pembangunan Gedung SMA Negeri 3 Kupang
di –
Tempat

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Halvonzo Fernanda, S.T
Jabatan : Kepala Penanggung Jawab CV Jasa Kontraktor Alam Buana
Alamat : Jalan Danau Batur No. 22 Blok H RT. 1 RW 3, Kelurahan Namosain, Kota Kupang
Telepon : 085239017019

Sehubungan dengan akan dilaksanakannya Proyek Pembangunan Gedung SMA Negeri 3 Kupang Tahun 2019 berdasarkan Keputusan Wali Kota Kupang Nomor 33/WKK/VII/PEMB/G/2018 tanggal 13 Desember 2018, maka melalui surat ini saya mewakili CV Jasa Kontraktor Alam Buana mengajukan permohonan pelunasan pembayaran sisa uang muka dengan rincian sebagai berikut:

Nilai Keseluruhan Kontrak : Rp356.939.100
Uang Muka : Rp152.756.600
Uang yang Telah Dibayarkan : Rp110.281.600
Sisa Pembayaran : Rp42.475.000
Terbilang : Empat puluh dua juta empat ratus tujuh puluh lima ribu Rupiah

Untuk itu kami mohon kepada pihak penanggung jawab Proyek Pembangunan Gedung SMA Negeri 3 Kupang, agar segera dapat melakukan pelunasan pembayaran sejumlah uang yang disebutkan di atas melalui Bank Transfer ke rekening berikut:

Atas Nama : CV Jasa Kontraktor Alam Buana
No. rekening : 008 1971902 19
Bank : Bank Mandiri
Cabang : KCP Gedung Mayasir Kupang

Dengan surat ini kami juga melampirkan beberapa dokumen yang dibutuhkan berkaitan dengan Proyek Pembangunan Gedung SMA Negeri 3 Kupang yaitu:

1. Invoice Penagihan
2. Kuitansi 

Perlu kami informasikan sebelumnya bahwa pengerjaan fisik bangunan Gedung SMA Negeri 3 Kupang sudah mencapai progress 40% sampai dengan tanggal 25 Januari 2019. Oleh karena itu pelunasan pembayaran uang muka akan memperlancar progress pengerjaan pembangunan gedung agar proyek ini segera terselesaikan dengan baik.

Demikian surat Permohonan Pembayaran kepada penanggung jawab Proyek Pembangunan Gedung SMA Negeri 3 Kupang ini kami sampaikan agar menjadi perhatian pihak yang berwenang. Atas perhatian dan kerja samanya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Kepala Penanggung Jawab CV Jasa Kontraktor Alam Buana

Halvonzo Fernanda, S.T[/su_note]

Kesimpulan 

Pada contoh surat permohonan pembayaran di atas, pengirim sebaiknya memperjelas batas tenggat waktu pembayaran. Hal ini bertujuan agar penerima tidak menunda pembayaran.

Terakhir, bubuhkan tanda tangan di atas materai dengan disertai cap logo perusahaan untuk memperkuat kedudukan surat.

[su_spoiler title=”Daftar Pustaka” style=”fancy” icon=”chevron-circle”]

  • https://www.paper.id/blog/tips-dan-nasihat-umkm/surat-permohonan-pembayaran/
  • https://siajun.com/contoh-surat-permohonan-pembayaran-tagihan-file-word/
  • https://www.scribd.com/document/393892250/03-Surat-Permohonan-Pembayaran-Sisa-Uang-Muka-[/su_spoiler]

Leave a Comment