Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Ketika menonton televisi, pasti tayangan akan disela dengan jeda iklan, entah itu iklan produk makanan, minuman ataupun elektronik.

Namun, pernahkah Anda melihat iklan tanpa promosi produk apapun? Jika pernah, maka itulah yang disebut dengan iklan layanan masyarakat alias (ILM).

Ya, ILM memang tampak seperti iklan, tetapi tidak mengiklankan produk tertentu.

Sebaliknya, ILM lebih menonjolkan pesan yang bertujuan meningkatkan kesadaran publik tentang masalah sosial atau masalah kesehatan tertentu.

Pengertian Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat adalah biro iklan yang bekerja sama dengan pemerintah untuk membuat pesan yang memberikan kesadaran sosial masyarakat.

Sesuai dengan namanya, ILM dimaksudkan untuk mempromosikan program, aktivitas, atau layanan pemerintah. Pesan yang disampaikan oleh ILM bisa berbeda sesuai dengan lembaga pemerintah yang mengembangkannya.

Anda mungkin pernah melihat atau membaca ILM yang ditujukan untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah, seperti bahaya merokok, ancaman yang ditimbulkan oleh penggunaan narkoba, pentingnya pendidikan, dan kebutuhan akan keselamatan saat bekerja atau bepergian dengan kendaraan.

ILM dapat dilihat di televisi, didengarkan di radio, dibaca di majalah, dan reklame atau surat kabar. Selain berbentuk video, ILM juga bisa berubah gambar. 

Anda bisa melihat gambar ILM tersebar di berbagai tempat-tempat strategis. Banyak gambar yang sengaja disebar di berbagai titik-titik tertentu untuk membangun kesadaran masyarakat.

Namun, kebangkitan media sosial sekarang memungkinkan perusahaan untuk menampilkan ILM di situs web, seperti YouTube, Facebook, atau bahkan situs web perusahaan itu sendiri.

Peraturan mengharuskan sebagian besar media massa agar menyumbangkan sejumlah waktu tayang atau ruang cetak untuk membagikan pesan-pesan tentang kepentingan publik ini.

Itulah yang membuat ILM sangat dihargai dalam menjangkau khalayak dengan pesan untuk kepentingan publik.

Dengan waktu siaran yang diberikan, biaya produksi ILM dapat ditekan sambil tetap memberikan dampak yang besar bagi kepentingan publik.

Sebagian besar ILM melibatkan kerjasama antara sektor swasta dan publik.

Kelompok nirlaba dan badan pemerintah biasanya bekerja sama dengan media massa swasta, perusahaan promosi dan periklanan, untuk membuat iklan untuk radio, televisi, dan media cetak.

Biasanya, agensi nirlaba membuat pesan dan perusahaan periklanan mengembangkan kampanye, kemudian memolesnya untuk memenuhi standar industri dan merencanakan distribusinya dan semuanya gratis.

Fungsi dan Isi Iklan Layanan Masyarakat

ILM memiliki beberapa fungsi di antaranya adalah:

1. Menciptakan Kesadaran akan Suatu Masalah

ILM tidak berfokus pada penjualan barang atau jasa tertentu, bertujuan untuk membuat publik sadar akan suatu masalah penting.

Misalnya, organisasi kesehatan seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mungkin membuat iklan layanan masyarakat kesehatan, yang memperingatkan publik tentang perlunya menggunakan masker agar terhindar dari virus Corona.

2. Mengajak Masyarakat Mengambil Tindakan

ILM juga memiliki fungsi untuk mengarahkan masyarakat mengambil tindakan tertentu.

Misal, lembaga pendidikan mungkin berfokus untuk menyampaikan pesan pentingnya melek huruf dan mendorong anak-anak agar mau bersekolah.

ILM berupaya untuk mengubah sikap publik dengan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya membaca.  

3. Menginformasikan Isu Penting pada Masyarakat

ILM dirancang untuk menginformasikan kepada publik tentang isu-isu yang penting untuk diberitakan kepada masyarakat secara umum.

Biasanya, ILM mencerminkan sudut pandang politik, teori filosofis, konsep agama, atau gagasan kemanusiaan.

4. Menjangkau Khalayak

Jika Anda ingin memberikan informasi, menumbuhkan kesadaran, mempengaruhi perilaku, atau memberi penekanan pada suatu masalah, ILM atau iklan layanan masyarakat merupakan cara baik yang bisa menjangkau orang luas dengan budget yang minim.

Tema kesehatan, keselamatan, pendidikan, bisa dikemas dengan ILM untuk menjangkau semua lapisan masyarakat.

Contoh Gambar Iklan Layanan Masyarakat dan Penjelasannya

Kampanye ILM bukan hanya didanai oleh pemerintah saja, namun juga seringkali disponsori oleh lembaga nirlaba atau organisasi non profit. Berikut adalah beberapa contoh ILM:

1. Iklan Layanan Pendidikan

Pertama, ada contoh ILM di bidang pendidikan.

Sebagaimana gambar yang bisa Anda lihat di atas dengan tulisan “Satukan hati wujudkan cita-citanya”

Maka maksud dari ILM ini berupaya mengajak segenap masyarakat Indonesia untuk menggapai semua cita-cita yang dimiliki dengan pendidikan. 

Dengan belajar di dunia pendidikan secara langsung, maka anak akan mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang penting untuk prosesnya meraih cita-cita.

2. Iklan Layanan Kesehatan

Jelas sekali bukan, bahwa gambar di atas merupakan contoh ILM

Ya, iklan yang dibuat oleh Departemen Kesehatan RI ini mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan agar terhindar dari penyakit demam berdarah.

Dengan ajakan yang dinamakan “3M”, yakni menguras tempat penampungan air, menutupnya, dan mengubur semua barang bekas, maka masyarakat bisa terhindar dari potensi terkena demam berdarah.

Tidak lupa, saat tidur masyarakat juga diajak untuk tidur dengan kelambu dan obat nyamuk.

Iklan yang dikeluarkan pada tahun 2016 ini diharapkan bisa memberikan kesadaran bagi masyarakat, untuk tetap ingat dan waspada pada segala hal yang bisa menyebabkan demam berdarah.

3. Iklan Layanan Masyarakat Narkoba

Nah, untuk contoh gambar ILM tentang narkoba satu ini datang dari BNN (Badan Narkotika Nasional) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Gambar ini mengajak masyarakat untuk menjauhi narkoba karena obat terlarang satu ini hanya bisa merusak masa depan. Masyarakat dihimbau untuk tidak pernah mencoba obat ini. 

4. Iklan Bahasa Sunda

Cakupan ILM tidak hanya pada lingkup nasional saja, lho! Pemerintah daerah yang ingin menghimbau atau mempersuasif warga daerahnya juga bisa menggunakan ILM sebagai upaya menyadarkan masyarakat.

Biasanya dengan iklan yang mengangkat kearifan lokal akan menjadi lebih dipahami oleh warga daerah, seperti ILM dari Kota Bandung di atas. 

Poster iklan dengan menggunakan bahasa Sunda di atas memiliki arti bahwasannya masyarakat diminta untuk memulai hidup bersih. Hidup bersih ini bisa diawali dengan mau mencuci tangan.

Terlebih di masa pandemi COVID-19 seperti ini, mencuci tangan adalah hal yang selalu dihimbau. 

Video Iklan Layanan Masyarakat

Setelah memahami pengertian iklan layanan masyarakat yang sudah dijelaskan di atas dan tahu seperti apa contoh gambarnya.

Berikut adalah ILM berupa video yang bisa memberikan sedikit pencerahan atas isu yang diangkat:

1. Data Perkawinan Anak

Pada video yang ada di atas menjelaskan tentang data perkawinan anak di bawah usia 18 tahun.

Usia yang masih terbilang mudah untuk menikah tersebut memberikan dampak-dampak yang buruk. Iklan ini mengajak masyarakat untuk mencegah perkawinan anak di bawah umur.

2. Iklan Ruang Bermain ramah anak

Video ini menjelaskan tentang ruang bermain ramah anak dan menjelaskan bahwasannya setiap anak berhak untuk mendapatkan area bermain yang bisa menunjang tumbuh kembang yang baik.

3. Iklan Ajakan Menjauhi Narkoba

Terakhir, ada iklan dari BNN yang mengajak orang tua untuk bisa memastikan perkembangan anak agar  tidak menggunakan narkoba sedini mungkin. 

Iklan Layanan Masyarakat memang memiliki pesan yang luar biasa bermakna dan menjadi salah satu cara yang efektif untuk bisa menyadarkan masyarakat akan suatu tindakan yang benar.

ILM memiliki pesan yang persuasif, sehingga bisa memberi pengaruh yang signifikan untuk kebaikan masyarakat.

[su_spoiler title=”Sumber Artikel” style=”fancy” icon=”chevron-circle”]

  • japracool.medium. com/apa-itu-iklan-layanan -masyarakat-dan-contohnya- 66a565e099a1
  • kompas.com/skola/read /2020/06/19/131721069 /manfaat-iklan-layanan- masyarakat-dan-isinya ?page=all
  • basasunda.com/contoh- iklan-layanan-masyarakat -bahasa-sunda-dan -gambarnya/
  • porosilmu.com/2018/03 /iklan-layanan- masyarakat-pengertian .html[/su_spoiler]

Leave a Comment