Cara Membuat Titik Daftar Isi di Ms. Word

Pastinya dalam membuat sebuah karya ilmiah seperti skripsi hingga proposal perlu adanya daftar isi di dalamnya. 

Daftar isi sendiri berfungsi sebagai informasi tentang setiap halaman yang terdapat di dalam sebuah karya ilmiah tersebut.

Namun masih banyak orang yang belum mengetahui cara membuat titik daftar isi yang cepat dan mudah.

Mungkin sebagian besar dari Anda masih menggunakan titik-titik yang diketik secara manual. Hal ini sebenarnya tidak salah, namun tidak efisien karena akan membutuhkan waktu yang lama. 

Padahal terdapat cara membuat titik daftar isi yang lebih mudah. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat titik-titik di daftar isi secara otomatis.

Cara Membuat Titik Daftar Isi Secara Manual

1. Membuat Menu Daftar Isi

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan tentunya membuat menu daftar isi, seperti kata pengantar, pendahuluan, pembahasan, dan lain sebagainya. 

Anda dapat membuat isi dari daftar isinya terlebih dahulu dengan tidak memberikan titik-titik.

2. Block Text Bagian Daftar Isi

Setelah dapat membuat bagian dari daftar isi, langkah selanjutnya yaitu dengan mem-blok semua bagian dari daftar isi tersebut.

3. Klik Kanan Lalu Pilih Opsi Paragraph

Jika semua bagian sudah di block, langkah selanjutnya adalah klik kanan lalu memilih opsi “Paragraph…”

4. Klik Tombol Tabs

Nantinya akan muncul jendela pop-up, Anda bisa klik tombol “Tabs” yang terdapat di bagian bawah jendela.

5. Settings Halaman Tabs

Setelah itu akan muncul pop-up jendela Tabs. Pada step ini Anda dapat mengatur panjang dan bentuk dari titik-titik yang akan ditampilkan pada daftar isi.

Pada kolom “Tab stop position” tulis 16 cm (sesuai dengan panjang ruler).

Setelah itu pada menu Alignment klik opsi “Right” dan pada menu Leader pilih opsi nomor 2. Kemudian Anda bisa klik tombol “Set” lalu pilih tombol OK.

6. Meletakan Kursor di Daftar Isi

Jika pengaturan sudah selesai, maka Anda bisa kembali ke lembar kerja word yang sudah berisi bagian daftar isi. 

Untuk menampilkan titik-titik, Anda bisa meletakan kursor di depan kata yang ingin diisi dengan titik-titik.

Setelah itu tekan tombol “tab” yang terdapat di keyboard perangkat Anda.

Nantinya secara otomatis titik-titik akan muncul dan Anda tinggal mengisi dengan angka sebagai halaman dari bagian daftar isi tersebut.

7. Lakukan di Semua Bagian Daftar Isi

Setelah itu Anda dapat melakukan cara yang sama pada setiap bagian di dalam daftar isi tersebut hingga selesai. 

[su_box title=”Baca Juga:” style=”glass” box_color=”#e20327″ title_color=”#ffffff”]

Cara Membuat Titik Daftar Isi Secara Otomatis

1. Mempersiapkan Teks yang Ingin Dijadikan Heading

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan yaitu mempersiapkan teks yang ingin dijadikan heading dalam daftar isi. Biasanya pada bagian daftar ini akan terdapat heading 1 hingga heading 3. 

Karena akan dijadikan bagian di dalam daftar isi secara otomatis, maka diharuskan untuk mempersiapkan apa saja judul dan sub judul yang terdapat di dalam karya ilmiah Anda. 

2. Blok Heading 1

Langkah selanjutnya yaitu blok teks “BAB I PENDAHULUAN” lalu klik opsi “Heading 1” di bagian atas pada menu Home.

3. Blok Heading 2

Kemudian Anda dapat mem-blok teks “1.1 Latar Belakang” untuk dijadikan heading 2. Klik opsi “Heading 2” di bagian atas pada menu Home.

4. Pindah ke Halaman Kosong

Jika seluruh judul dan subjudul sudah dijadikan “Heading 1” dan “Heading 2”, maka langkah selanjutnya yaitu pindah ke halaman kosong.

Di halaman kosong tersebut Anda bisa klik menu “References” lalu pilih “Table of Contents”.

5. Pilih Opsi Automatic Table 1

Nantinya akan muncul beberapa pilihan bentuk heading yang bisa Anda gunakan. Jika ingin membuat daftar isi seperti pada umumnya, Anda bisa klik opsi Automatic Table 1.

6. Daftar Isi Akan Otomatis Muncul

Jika Anda sudah memilih opsi Automatic Table 1, maka secara otomatis daftar isi akan terbuat sesuai dengan judul dan sub judul yang terdapat di isi karya ilmiah Anda.

Cara membuat titik daftar isi secara otomatis tentunya akan membantu Anda dalam membuat karya ilmiah menjadi lebih mudah. 

Waktu pembuatan pun akan menjadi lebih efektif karena tidak akan memakan waktu yang lama untuk membuat daftar isi saja.

Leave a Comment