Contoh Invoice

Invoice menjadi salah satu elemen penting dalam menjalankan sebuah bisnis.

Keberadaan contoh invoice akan sangat membantu Anda dalam keseharian berjalannya bisnis.

Pengertian invoice hampir sama dengan faktur, yakni daftar yang berisi nama, harga, dan jumlah barang kiriman.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai fungsi, macam-macam invoice serta contoh invoice pdf yang dapat Anda download.

Transaksi yang dituliskan dalam invoice dijadikan sebagai bukti transaksi penjualan barang secara kredit. Invoice yang sering dijumpai ialah invoice tagihan.

Fungsi Invoice

Pengertian Invoice secara umum adalah dokumen yang berisikan tentang penagihan utang. Dokumen tersebut diberikan oleh penjual kepada pembeli yang menjadi pihak yang berhutang.

Biasanya invoice digunakan untuk transaksi yang bentuknya berupa kredit atau angsuran.

Invoice dibuat menjadi tiga rangkap, yakni satu lembar sebagai arsip penjualan, satu lembar diberikan kepada pembeli, dan satu lembar digunakan sebagai laporan keuangan.

Ada berbagai macam invoice yang digunakan dalam bisnis dan masing-masing memiliki perbedaan.

Berikut beberapa fungsi invoice:

  • Sebagai kumpulan data tentang barang yang telah terjual.
  • Dapat dijadikan sebagai rujukan, apabila barang yang telah dibeli akan dijual kembali.
  • Sebagai rujukan yang resmi dalam faktur pajak.
  • Memuat informasi tentang tagihan yang harus dibayarkan.
  • Dijadikan rekomendasi pada saat ingin menambah transaksi dalam pembukuan.

Jenis-Jenis Invoice

Sebelum membahas mengenai contoh invoice, mari kita kenali dahulu jenisnya.

Invoice terbagi menjadi beberapa jenis yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri.

Akan tetapi, semua jenis invoice memiliki kegunaan yang sama yakni sebagai transaksi oleh pebisnis dan pengusaha.

Berikut beberapa jenis invoice serta penjelasannya:

1. Invoice Biasa

Invoice biasa merupakan dokumen atau surat untuk menagih hutang yang paling umum bentuknya. Biasanya invoice ini digunakan untuk transaksi yang bersifat sederhana.

Oleh karena itu, tidak heran jika format invoice biasa sangat sederhana.

Contoh invoice sederhana ada banyak sekali dan dapat Anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari ketika membeli barang di toko.

Di dalam jenis invoice ini biasanya hanya memuat nama barang yang dibeli serta harganya.

2. Invoice Proforma

Invoice proforma atau biasa disebut dengan invoice sementara merupakan dokumen yang dibuat ketika produk yang dibeli belum siap.

Oleh sebab itu, penjual akan memberikan invoice sementara secara bertahap kepada pembeli.

3. Invoice Konsuler

Invoice konsuler merupakan jenis invoice yang paling eksklusif. Hal ini dikarenakan umumnya invoice ini digunakan sebagai transaksi besar antar negara.

Contoh invoice konsuler dapat dijumpai pada transaksi ekspor dan impor. 

Bagian yang Wajib Ada pada Invoice

Format setiap invoice tidak selalu sama tergantung pada bisnis yang dijalankan serta transaksi.

Namun, ada beberapa komponen yang wajib ada pada sebuah invoice. Dengan komponen-komponen yang wajib ada ini menjadikan invoice lebih lengkap dan sesuai.

Komponen-komponen yang wajib ada dalam sebuah invoice adalah:

  1. Nomor order/ purchase order
  2. Nomor urut invoice
  3. Kode nomor transaksi DO/SJ
  4. Detail barang
  5. Sub total
  6. Diskon (opsional)
  7. Biaya PPN (jika ada)
  8. Total biaya
  9. Biaya pengiriman (jika ada)

Berbagai Contoh Invoice

Tanpa panjang lebar,

Berikut contoh invoice standar yang di gunakan dalam berbagai keperluan sehari-hari.

1. Contoh Invoice Penagihan

Jenis ini sering kamu lihat, umumnya di keluarkan saat kita akan di tagih biaya berlangganan. simak contoh invoice berikut ini.

[su_box title=”Invoice Penagihan” style=”noise” box_color=”#feff62″ title_color=”#000000″]

[su_row][su_column size=”1/2″ center=”no” class=””]Company Name : Craft[/su_column] [su_column size=”1/2″ center=”no” class=””]Invoice Number : INV/2018/10[/su_column][/su_row]

[su_row][su_column size=”1/2″ center=”no” class=””]Client Number : 0001[/su_column] [su_column size=”1/2″ center=”no” class=””]Invoice Date : 18-Mei-2020[/su_column][/su_row]

[su_row][su_column size=”1/2″ center=”no” class=””]Client Name : Brama Jati[/su_column] [su_column size=”1/2″ center=”no” class=””]Due Date : 30 Mei-2020[/su_column][/su_row]

Client Phone : 08215678912

Client Address : Jln. Anggrek No. 01, Bandung

NoProductDescriptionQuantityPriceDiscountTaxAmount
1Tiket BusJakarta – Malang2Rp. 25000000Rp. 500000
2Tiket BusYogyakarta- Jakarta3Rp. 20000000Rp. 600000
       Total : Rp1.100.000
Geser Kanan Kiri

[/su_box]

[su_spoiler title=”Download Contoh Invoice ini” style=”fancy” icon=”chevron-circle”]

Pilih Format File
*Word ( 21KB )
*PDF ( 60KB )[/su_spoiler]

2. Contoh Invoice Jasa

Berikutnya seputar jasa, kita punya juga contohnya.

Contoh invoice berikut mungkin berbeda dari yang pernah kamu lihat, tapi intinya sama aja. berikut contohnya:

[su_box title=”Invoice Jasa” style=”noise” box_color=”#feff62″ title_color=”#000000″]

Invoice Date : 03/11/2019

Invoice Number : 005

Bill ToPay To
Karang Taruna Desa Agung Tentram (Naufal Perdana/ Dewa CahyonoNama : Himawan
Nomor Hp : 085643718233
Email : Himawan132@xxxxxxx
Alamat : Jln. Cokro No. 11No NPWP : 

Detail order:

NoCharge DetailPrice @QuantityTotal
1.Hosting (2 tahun)Rp400.0002Rp800.000
2.Registrasi domain karang taruna (2 tahun)Rp250.0001Rp250.000
3.Jasa pembuatan desain web, konten, logo, dan pluginRp950.0001Rp950.000
Total:Rp2.000.000

Nomor rekening : 123456789

Nama Bank : BNI

Cabang Bank : KCP Ahmad Dahlan Yogyakarta

Nama Penerima: Himawan[/su_box]

[su_spoiler title=”Download Contoh Invoice ini” style=”fancy” icon=”chevron-circle”]

Pilih Format File
*Word ( 23KB )
*PDF ( 41KB )[/su_spoiler]

3. Contoh Invoice Pembayaran

[su_box title=”Invoice Pembayaran” style=”noise” box_color=”#feff62″ title_color=”#000000″]

PT. Abadi Jaya

Jln. Pajajaran No. 16, Ujungberung, Bandung

INVOICE

NO : 123455667

[su_row][su_column size=”1/2″ center=”no” class=””]Customer:[/su_column] [su_column size=”1/2″ center=”no” class=””]Tanggal: 13-September-2020[/su_column][/su_row]

Nama : Ayuningtyas

[su_row][su_column size=”1/2″ center=”no” class=””]Alamat : Jln. Cihampelas No. 122[/su_column] [su_column size=”1/2″ center=”no” class=””]No Order: 2634527[/su_column][/su_row]

Kota : Bandung

Telepon: 022-17382649238

Nama BarangSatuanJumlahHargaTotal
Bolpen BigLusin2Rp36.000Rp72.000
PensilLusin2Rp40.000Rp80.000
Kertas A4Rim4Rp50.000Rp200.000
Polpen PilotLusin3Rp40.000Rp120.000
StabiloLusin 1Rp50.000Rp50.000
Total : Rp522.000

[/su_box]

[su_spoiler title=”Download Contoh Invoice ini” style=”fancy” icon=”chevron-circle”]

Pilih Format File
*Word ( 22KB )
*PDF ( 40KB )[/su_spoiler]

Template Invoice Gratis (Word dan Excel)

Bingung buatnya?

Yaudah pakai yang udah jadi aja, kamu tinggal edit di word / excel.

Bagi kamu yang membutuhkan template gratis format excel dan word kamu bisa download disini.

1. Template Excel

Pertama saya bagikan template invoice dalam format excel.

Berikut gambar dan link downloadnya:

Contoh 1
Contoh 2
Contoh 3
Contoh 4

[su_spoiler title=”Download / Unduh” style=”fancy” icon=”chevron-circle”]

Download Contoh Invoice excel[/su_spoiler]

2. Template Word

Untuk versi word juga ada,

Versi word dan Excel berbeda ya, silahkan lihat gambarnya.

[su_spoiler title=”Download / Unduh” style=”fancy” icon=”chevron-circle”]

Download Contoh Invoice Word[/su_spoiler]

Cara Membuat Invoice di Excel

Sebuah invoice sering dibuat menggunakan Microsoft excel.

Hal ini dikarenakan pembuatan invoice berkaitan dengan perhitungan harga, sehingga akan lebih mudah jika menggunakan excel.

Berikut langkah-langkah untuk membuat invoice di excel:

1. Membuka Microsoft Excel

Langkah pertama untuk membuat invoice adalah membuka Microsoft excel yang telah terinstall di PC Anda.

Agar lebih mudah melakukan pembuatan invoice, Anda dapat memilih template yang disediakan.

Dengan begitu, Anda cukup mengganti isi komponen-komponen yang sudah ada.

2. Membuat Worksheet

Anda harus menyiapkan lembar Microsoft excel sebanyak 3 buah worksheet.

Sheet yang pertama digunakan untuk membuat form invoice yang akan dicetak.

Sedangkan sheet kedua terdiri data perusahaan yang akan ditagih dan sheet ketiga untuk mendata barang yang dijual.

3. Mengisi Worksheet

Setelah menyiapkan 3 worksheet maka Anda harus mengisi sesuai kebutuhan invoice bisnis Anda.

Pada bagian sheet pertama diisi dengan nama perusahaan, tanggal, nomor order, dan nomor invoice, kemudian diisi dengan data customer secara lengkap.

Pada umumnya data customer terdiri dari nama lengkap, alamat, dan kontak yang dapat dihubungi.

Aplikasi Pembuat Invoice Otomatis

Dalam membuat invoice seringkali terjadi kesalahan dan kelalaian, sehingga menyebabkan terjadinya invoice kosong.

Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi akan hal tersebut karena saat ini telah ada aplikasi pembuat invoice otomatis.

Paper.id merupakan salah aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat invoice otomatis secara online. Tentunya dengan aplikasi ini akan memudahkan pekerjaan Anda.

Hal yang diperlukan dalam pembuatan invoice di Paper.id hanyalah smartphone dan laptop.

Kelebihan yang dimiliki aplikasi ini adalah praktis, mudah dipelajari, dan biayanya tidak mahal.

Ada berbagai macam invoice yang dapat dibuat dengan Paper.id, misalnya invoice hotel, invoice penjualan, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Keberadaan invoice sangat penting dalam menjalankan bisnis, terutama dalam urusan tagihan dan pembayaran.

Oleh sebab itu, invoice harus dibuat secara lengkap, jelas, dan mudah dipahami oleh pihak lain.

Selain itu, perhitungan dalam invoice harus benar agar tidak terjadi permasalahan di kemudian hari.

Mengenai cara membuat dan contoh invoice sudah kami tuliskan di atas, harapannya kamu tidak bingung lagi ya sobat.

[su_spoiler title=”Daftar Pustaka” style=”fancy” icon=”chevron-circle”]

  • https://www.jurnal.id/id/blog/jenis-dan-contoh-invoice-yang-penting-untuk-bisnis/
  • https://cpssoft.com/blog/akuntansi/pengertian-invoice/
  • https://ukirama.com/en/blogs/cara-membuat-invoice-menggunakan-microsoft-excel/
  • https://www.paper.id/blog/product-content/cara-membuat-kwitansi-otomatis/
  • https://www.paper.id/blog/tips-dan-nasihat-umkm/contoh-invoice-penagihan-yang-benar/[/su_spoiler]

Leave a Comment